MANFAAT MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI DAN IMPLEMENTASINYA




    Mengapa teknologi semakin penting bagi sebuah perusahaan? Karena Teknologi digunakan perusahaan untuk mempermudah pekerjaan-pekerjaan administrasi atau back office organisasi. Akibatnya terjadi efesiensi. Produktivitas adalah efesiensi atau hasil dari kegiatan (pekerjan ). Peningkatan produktivitas terjadi ketika levih banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan pada saat yang sama atau sumber daya yang sedikit. Banyak perusahaan menginvestasikan sistem informasi untuk meningkatkan produktivitasnya. Sistem informasi komputer memungkinkan individual yang bekerja atau anggota staff menjadi lebih produktif karena mereka yang  mengatasi (melakukan transaksi dalam jumlah yang besar)
  
Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah manajemen melakukan atau melaksanakan pelayanan dalam suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Manajemen Layanan SIstem Informasi juga dapat diartikan sebagai suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. Manajemen Layanan Sistem Informasi merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi. Istilah Manajemen Layanan Sistem Informasi tidak berasal dari suatu organisasi, pengarang, atau pemasok tertentu dan awal penggunaan frasa ini pun tidak jelas kapan dimulainya

Manajemen Layanan Sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi atau perrusahaan. Seperti memiliki peran dalam menunjang kegiatan bisnis operasional, menunjang manajemen dalam pengembilan keputusan, dan menunjang keunggulan strategis kompetitif. Peranan sebuah Manajemen Layanan Sistem Informasi seperti berikut :
  • Menunjang kegiatan bisnis operasional.
  • Mulai dari akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan, menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi kegiatan bisnis sehari-hari. Ketkka tanggapan atau respon yang cepat menjadi penting, maka kemampuan sistem informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi ke berbagai fingsi bisnis menjadi kritis atau penting.
  • Menunjang untuk pengambilan keputusan.
  • Dapat mengombinasikan informasi untuk membantu manajer menjalankan bisnis dengan lebih baik, informasi yang sama dapat membantu para manajer mengidentifikasikan kecenderungan dan untuk mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya. Sistem informasi akan membantu para manajer membuat keputusan yang lebih baik, lebih tepat, dan lebih bermakna.
  • Dirancang untuk membantu pencapaian sasaran startegis perusahaan dapat menciptakan keunggulan bersaing di pasar.

Contoh penerapan pada E-Commerce seperti  Tokopedia
Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital, dan marketplace terdepan di Indonesia yang memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring.
     Sebelumnya masyarakat yang ingin membeli barang harus mengunjungi sebuah toko untuk berbelanja kebutuhan, namun sekarang masyarakat dapat berbelanja hanya dengan menggunakan sebuah Handphone dimanapun dan kapan pun sehingga mempermudah seseorang untuk membeli barang kebutuhannya.







Sumber :

Komentar

Postingan Populer