SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI


SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI


Pengertian Sistem Operasi
Sistem Operasi adalah sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum kemunculan sistem operasi, orang hanya menggunakan komputer dengan sinyal analog dan sinyal digital. Sistem Operasi atau Operating System (OS) adalah seperangkat program yang mengelola seluruh sumber daya perangkat keras komputer dan menyediakan layanan umum (system calls) untuk aplikasi perangkat lunak seperti aplikasi pengolah data, web browser, dan lain-lain. Sistem operasi merupakan jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.  Sistem operasi inilah yang akan melakukan layanan inti untuk software-software lainnya, seperti akses ke disk, manajemen memori, schedule task, antar-muka user GUI/CLI. Tujuan utama dari sistem operasi adalah mengefisienkan penggunaan perangkat keras.

Secara umum sistem computer terdiri, dari   :

1. Perangkat Keras,
yaitu sumber daya utama untuk proses komputasi. Perangkat keras komputer terdiri dari CPU dan perangkat I/O.

2. Operating System (OS),
mempunyai tugas untuk melakukan control dan koordinasi penggunaan perangkat keras pada berbagai program aplikasi untuk user-user yang berbeda.
3. Program Aplikasi,
Berfungsi untuk menentukan cara sumber daya sistem digunakan untuk menyelesaikan permasalahan komputasi dari user, contohnya complier, sistem basis data, video games, dan lain-lain.

4. User
yaitu yang menggunakan sistem, terdiri dari orang, mesin atau komputer lain.

Sejarah Sistem Operasi


Dalam sejarahnya, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang secara garis besar dibagi dalam lima generasi, yaitu :

1. Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi ini merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Pada generasi ini belum ada OS yang bekerja secara otomatis sehingga sistem komputer yang dikerjakan harus secara manual.

2. Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi OS, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya FMS (Fortan Monitoring System) dan IBSYS.

3. Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ketiga, sistem operasi sudah mendukung layanan Multi-User, Multi-Programming dan Batch Processing System (Multi-Task). Pada generasi ini pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer sehingga OS digunakan banyak pengguna sekaligus dan melayani banyak program dalam waktu yang bersamaan.

4. Generasi Keempat (Pasca 1980an
Dimasa ini sudah diperkenankannya GUI (Graphical User Interface) yang memungkinkan OS memiliki tampilan dan bermodalkan mouse, End-User dapat menjalankan aplikasi/program atau piranti lunak.

5. Generasi Kelima (Pasca 2001 sampai Sekarang)

Pada generasi ini, diperkenalkan OS yang berada dalam Sistem Operasi, yaitu website dan sistem operasi bergerak (mobile) pada perangkat bergerak seperti PDA, Pocket PC, dan lain sebagainya. Di generasi selanjutnya diperkenalkan juga teknologi sistem operasi jaringan yang sifatnya virtual, sehingga dalam 1 jaringan hanya diinstall 1 buah OS pada perangkat yang bertugas sebagai server. Selain itu, diperkenalkan pula Cross Platform OS yang dapat menggabungkan 2 OS berbeda, seperti Linux dan Windows.


Pengertian Teknologi Informasi 

Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang memudahkan manusia untuk menyelesaikan masalahnya. Sedangkan informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan bagi penggunanya. Teknologi meliputi dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi. Teknologi komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.


Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi yang kita rasakan sekarang ini sebenarya dimulai dengan penemuan-penemuan alat-alat yang dianggap baru pada masa itu sehingga dapat membatu manusia,seperti penemuan telepon pada tahun 1875 yang tentunya sangat membantu manusia dalam masalah komunikasi. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. 

Jika dikelompokan  perkembangan teknologi informasi meliputi :

  • Manual: sangat sederhana, pemakaian alat adalah dengan menggunakan tangan manusia. Misalnya pada tahun 2500SM, manusia menggunakan abacus untuk berhitung. Dan pada tahun 400SM mereka menggunakan kulit binatang untuk menyampaikan informasi.
  • Mekanik: sudah berbentuk mekanik  yang digerakkan dengan tangan secara manual.Pada zaman ini sudah mulai terjadi perubahan, misalnya: pada tahun 1623 seorang ilmuwan dari Jerman yang bernama Wilhem Schikard menemukan mesin penghitung  pertama. Kemudian penemmuan ini semakin berkembang dengan ditemukannya mesin penghitung otomatis pertama. Dilanjutkan dengan penemuan-penemuan lain yang tentu saja mempemudah kerja manusia.
  • Mekanik elektronik: peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik. Pada abad para Ilmuwan pun menemukan  berbagai penemuan mesin elektronik, misalnya pada  tahun 1920 seorang ilmuwan berkebangsaan Spanyol yaitu Leonardo Toressy Quevedo menemukan mesin penghitung otomatis pertama,         

    Komponen-Komponen dalam Komputer




Hardware (HW)

Hardware atau perangkat keras dalam sistem komputer  merupakan  komponen  yang secara fisik dapat dilihat dan diraba yang membentuk suatu  kesatuan  sehingga dapat difungsikan. Misalnya: keyboard dan monitor, dll.



Software (SW)

Software atau perangkat lunak adalah suatu  program yang berisi instruksi-instruksi (perintah) yang  dimengerti oleh komputer.  Perangkat  komputer yang terdiri dari jutaan komponen elektronik tidak dapat melakukan kegiatan apapun tanpa adanya software. 



Firmware (FW)

Firmware adalah istilah yang sering digunakan untuk menunjukkan program tetap, biasanya agak kecil, dan/atau struktur data yang internal kontrol berbagai perangkat elektronik. Contoh perangkat firmaware pada komputer seperti hard disk, keyboard, layar TFT atau kartu memori,



Brainware (BW)

Brainware yaitu pemakai komputer  atau orang  yang mengoperasikan komputer (User), karena secanggih apapun komputer jika tidak ada orang mengopersikan (user) nya  maka komputer tersebut tidak dapat digunakan. Seperti: programmer, analyst, manager, dll.



Infoware (IW)
Infoware merupakan teknologi dalam bentuk informasi. Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya.


INOVASI SISTEM INFORMASI & TEKNOLOGI INFORMASI MODERN

Inovasi adalah suatu penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Seseorang yang inovatif akan selalu berupaya melakukan perbaikan, menyajikan sesuatu yang baru/unik yang berbeda dengan yang sudah ada.

Pengertian Inovasi Sistem Informasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal baru, pembaharuan, penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya.

Dari pengertian inovasi tersebut dapat disimpulkan bahwa inovasi adalah proses kreatif dalam melakukan penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada. Sedangkan kemampuan inovatif seorang wirausaha merupakan proses mengubah peluang menjadi suatu gagasan dan ide-ide yang dapat dijual.

Sedangkan Inovasi SI adalah kegiatan meneliti, mengembangkan, dan atau pun merekayasa yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli : 

Kuniyoshi Urabe, inovasi merupakan setiap kegiatan yang tidak bisa dihasilkan dengan satu kali pukul, melainkan suatu proses yang panjang dan kumulatif, meliputi banyak proses pengambilan keputusan, mulai dari penemuan gagasan hingga ke implementasian nya di pasar.


Van de Ven, Andrew H., pengertian inovasi adalah pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai aktivitas transaksi di dalam tatanan organisasi tertentu.

Everett M. Rogers, inovasi merupakan sebuah ide, gagasan, ojek, dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau pun kelompok tertentu untuk diaplikasikan atau pun diadopsi.



UU No. 19 Tahun 2002, pengertian inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan atau pun perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau pun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada ke dalam produk atau pun proses produksinya.

Manfaat  Inovasi Sistem Informasi & New Technologi Infomasi 


Manfaat Inovasi Sistem Informasi bagi Perusahaan, untuk sebuah perusahaan, teknologi sangat dibutuh kan apalagi dalam pemrosesan data. Di abad 21 ini sudah 90% perusahaan besar ataupun kecil sudah memasukan teknologi computer dan internet pada setiap kegiatan di perusahaan tersebut, contohnya sebagai transaksi, promo, perhitungan gaji, menemukan partner atau mitra kerja, dll.

Manfaat Inovasi Sistem Informasi pada SIM (Sistem Informasi Manajemen), dalam SIM itu sendiri banyak yang diuntung kan dari adanya Inovasi Sistem Informasi tersebut. Seperti hal nya dalam meningkatnya kualitas informasi saat di sampaikan, Lebih terjamin kemanannya karena sudah adanya pengecekan kemanan setiap minggu atau bulan ini biasa kita sebut sebagai maintenance.

Manfaat Teknologi Informasi Modern di bidang Pendidikan, dalam bidang pendidikan perkembangan teknologi informasi telah membuat hal yang susah dan membosankan menjadi mudah dan menyenangkan. Sebagai contoh kita melihat di Perancis proyek “Flexible Learning”.

Manfaat Teknologi Informasi Modern di bidang Pemerintahan, Dalam bidang pemerintahan pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan internet, yang pastinya digunakan untuk menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara pihak yang lain dan pemerintah dengan menggunakan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web.

Manfaat Teknologi Informasi Modern di bidang Keuangan, Dalam bidang keuangan teknologi informasi merupakan hal yang sangat penting dalam proses transaksi. Saat ini telah banyak khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang untuk pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan teknologi itu sendiri.


Ciri-ciri Inovasi :
Khas
Ciri utama dari sebuah inovasi adalah khas. Inovasi harus memiliki ciri khas sendiri yang tidak dimiliki atau ide atau pun gagasan yang sudah ada sebelumnya.

Baru
Setiap inovasi harus lah merupakan ide atau pun gagasan baru yang memang belum pernah diungkapkan atau pun dipublikasikan sebelumnya.

Terencana
Sebuah inovasi biasa nya sengaja dibuat dan direncanakan untuk mengembangkan objek-objek tertentu. Dengan kata lain, setiap inovasi yang ditemukan pada dasar nya merupakan kegiatan yang sudah direncanakan sejak awal.

Memiliki Tujuan
Inovasi merupakan aktivitas terencana untuk mengembangkan objek-objek tertentu.

Contoh Inovasi Sistem Informasi dan New Teknologi Informasi 

Radio
Radio adalah sebuah alat dari perkembangan Teknologi Informasi yang pada zamannya digunakan untuk mendengarkan informasi dari suatu tempat dan kejadian tertentu yang berada jauh dari tempat para pendengar.

Televisi
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Televisi dapat diartikan sebagai alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan
Sosial Media
Sosial media sekarang ini penuh inovasi setiap tahunnya. Mulai dari facebook, twitter, snapchat, instagram, dan lain-lain. Ada yang berbasiskan video, gambar, bahkan tag lokasi. Dari awalnya hanya update status, ganti profile picture. Sekarang semua bisa di update melalui sosial media.

Komputer dan Smartphone
Komputer dapat membantu anda mencari Informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat tanpa harus menunggu untuk mendapatkannya. Terutama jika komputer telah terhubung dengan internet.
Sama halnya dengan komputer, smartphone juga mampu mencari informasi yang anda butuhkan dengan cepat. Mencari informasi menggunakan smartphone bisa dimana saja dan kapan saja sesuai keinginan dan kuota internet anda.

Drone
Drone merupakan pesawat pengintai tak berawak yang dijalankan dengan pusat kendali di suatu tempat dengan menggunakan computer / otomatis atau juga remote control. . Kita bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah dan menyeluruh yang direkam oleh drone dari udara.

Kesimpulan 

1. Operating System (OS) adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masing dapat saling berkomunikasi.

2. Sejarah Sistem Operasi terbagi atas 5 generasi sampai sekarang.

3. Pada abad ini, Operating System semakin berkembang dan setiap OS memliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak mennutup kemungkinan di masa yang akan datang akan lahir OS baru yang lebih popular dari Windows dan Android.

4. Teknologi Informasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.

5. Perkembangan teknologi yang kita rasakan sekarang ini sebenarya dimulai dengan penemuan-penemuan alat-alat yang dianggap baru pada masa itu sehingga dapat membatu dan mempermudah kegiatan manusia.

SUMBER
Maskur Wiratmo, Berbagai Teori Mengenai Perkembangan Teknologi, ISSN : 0853 – 7665
JSB No. 8 Vol. 1 Th. 2003 63



Komentar

Postingan Populer